Tips Lulus Ujian SIM


Mungkin bagi sebagian orang mendapatlan SIM adalah sulit. Kebanyakan dari mereka memang mengeluhkan sulitnya lulus dari ujian SIM terutama Uji Praktek SIM.

Banyak orang yang mengambil jalan pintas dalam memiliki SIM. Saya dengar-dengar sih kebanyakan dari mereka harus merogoh kocek sebesar Rp 250.000,-. Padahal tarif sebenarnya untuk pembuatan SIM itu hanya Rp 100.000,- (Mei 2012). Mereka hanya perlu ikut ujian teori tanpa praktek. Selain itu ingat dosa juga. Suap-menyuap itu dosa. Masak kita tiap hari mengantongi SIM hasil suap-menyuap? Daripada uang banyak keluar dan kita dosa, mending kita ikuti tips saya yuk. Semoga mempermudah anda mengikuti ujian SIM, terutama praktek SIM, karena kebanyakan lulus ujian teori, namun kesulitan pada ujian praktek.

Begini tips dari saya tentang Uji Praktek SIM :

  1. Gunakan Sepeda Motor Bebek. Motor bebek mempunyai handling yang lebih baik daripada skutermatik, atau pun motor gede. Periksa rem, gas, dan lain-lain agar tidak menemui kendala saat ujian. Jangan lupa lengkapi sepeda motor anda dengan kaca spion ya? Kalau tidak, polisi penguji tak akan mengizinkan anda ikut tes.
  2. Periksa Rem. Rem akan sangat berfungsi saat ujian apabila anda merasa kecepatan anda berlebih terutama saat ujian tahap 3 (jalur zig-zag). Jangan sampai rem anda kurang pakem. Bila perlu, kurang jarak main bebas rem sepeda motor.
  3. Tenangkan Diri Anda. Hal ini dapat anda lakukan dengan cara berlatih terlebih dahulu pada tempat ujian. Untuk itu, datanglah lebih awal. Maka anda akan mulai terbiasa dengan lintasan ujian. Anda tidak akan merasa gugup.
  4. Gunakan Gear 2. Gear 1 akan membuat sepeda motor anda sulit dikendalikan karena terlalu responsif. Sedangkan gear 2 kurang responsif apabila anda akan menambah kecepatan. Agar seimbang, saya menyarankan untuk menggunakan gear 2.
  5. Saat Berbelok di Lintasan Zig Zag, Arahkan ke Sisi Luar. Dengan cara ini anda dapat menghindari balok pembatas mengenai bagian samping belakang sepeda motor anda saat menikung.
  6. Berdoa. Kita tidak mau apa yang kita usahakan gagal bukan? Maka ada baiknya kita berdo sebelum ujian dan kita juga tidak lupa dengan-Nya juga apabila lulus.

Semoga membantu. Saya berhasil lulus saat pertama mencoba dengan cara di atas. Kapan negara ini bisa menjadi lebih baik selama kita masih KKN?

Posting berikut khusus untuk Polresta Pontianak. Di tempat lain mungkin berbeda.

#Boby Pratama#

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: