Fungsi Nomor IMEI + Tips buat jaga HP


Assalamu’alaikum Wr.Wb….

sesuai dg judul artikel ini, sya akan membagi info tentang fungsi dari nomor IMEI…

IMEI adalah nomor yg pasti dimiliki oleh sebuah handphone, adapun IMEI itu adalah International Mobile Equipment Identity….

untuk mengetahui nomor IMEI handphone kalian, ckup dg menekan *#06#

setelah itu akan muncul angka2…  *klo gak slah ad 15 angka*

sya sarankan agar menyimpan nomor tersebut… *buat jaga2, kli2 aja hp kalian hilang… tpi jgn sampe..hehe…*

nah, klo hp kalian bener2 ilang/dicuri  !

segera hubungi operator kartu SIM kalian dan beritahukan kode ini… mereka akan dapat melakukan blocking sehingga HP tersebut tidak dapat digunakan sama sekali walaupun ditukar kartunya karena yang di block adalah HP nya dan bukan nomor HP nya.

Memang, kemungkinan besar HP kalian tak akan kembali…. tapi paling tidak orang yg mnemukan HP kalian sama sekali tidak bisa menggunakan HP tsb…..
jadi kalau semua (atau sebagian besar) HP – HP yang dicuri tidak bisa berfungsi, maka dipasar gelap harganya akan jatuh atau semakin murah, dan diharapkan trend pencurian HP sudah tak zaman lagi…. hehehe…😀
Sekilas Tentang nomor IMEI
Secara umum, nomor IMEI pada sebuah ponsel dibagi menjadi empat bagian utama… walaupun begitu, ada beberapa ponsel menuliskan IMEI menjadi satu kesatuan…. untuk memudahkan Anda mengenali IMEI tersebut, tulisan ini akan membaginya menjadi beberapa segmen berikut:
AB-CDEF / GH / IJKLMN / O
Nilai AB pada ponsel Nokia bisa bernilai 35, 44 atau 49. Selanjutnya yaitu CDEF merupakan kode produksi. Bagian ABCDEF ini juga dikenal sebagai TAC (Type Approval Code).
Dua angka selanjutnya (GH) merupakan kode negara asal ponsel Nokia tersebut. Bagian ini juga sering disebut sebagai FAC (Final Assembly Code). Bagian IJKLMN merupakan serial number dari ponsel Anda. Terakhir, yaitu O merupakan cadangan/spare.
Dengan mengenali IMEI dari ponsel kalian, maka kalian akan dengan mudah mengindentifikasi sebuah ponsel. Para produsen ponsel sendiri sudah mulai “menyembunyikan” kode asal produksi. Dengan adanya kode IMEI ini, kalian dapat dengan mudah mengenali asal ponsel kalian, apakah itu ponsel BM (Black Market) atau original.
Tips Untuk Menjaga HP kalian, kali2 aj ad yg mau iseng atau bahkan smpe mau nyuri HP kalian…
  • pertama, saya saranin agar mengaktifkan kode pada SIMCARD atau yg biasa disebut kode PIN…
  • kedua, saya saranin juga agar memberi kode pengaman pada HP anda, tujuan nya saat ponsel diganti kartu akan meminta KODE yg apabila tidak ditemukan tidak bisa digunakan kecuali dengan memformatkan pada tukang servis ponsel dan ini pun memakan biaya…. *lumayan kan kena ongkos duit* heehe…😀
  • ketiga, melakukan backup kontak2 yang ada d HP kalian…
  • keempat, menyimpan pesan di memmory external, (kalo bisa)
  • dan yang terakhir, pastinya HP nya dijaga yah… heehehehe,,,😀
Sumber:
NOKIA INDONESIA
#3WD#

3 responses to this post.

  1. cuma buat hape k ni? barang lain?

    Reply

  2. Posted by Dedi Susanto on July 5, 2012 at 7:32 pm

    Mas Wahyu….
    Gimana kalo buat perangkat GPS yang saya pasang di mobil rental, mobil balik…eh GPS nya hilang, di tanya sama yang ngerental mereka bilang nggak tau….daripada ribut saya diemkan aja, saya pikir nngak bakal ngasih rental sama orang tersebut….. Jadi gimana supaya GPS yang di ambilnya nggak bisa di pakai lagi….habis kesel juga saya…..Thank’s sebelumnya…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: