Sehat dan segar dengan air putih


Air sangat penting bagi kehidupan, bukan sekedar pelepas dahaga, tetapi mengonsumsi cukup air akan membuat badan menjadi segar dan wajah tampak sehat berseri, bahkan menurut para ahli ada segudang manfaat lainnya buat kesehatan. Kita pasti pernah mendengar ” minumlah air tidak kurang dari 8 gelas sehari “. Kedengarannya mungkin klise, tetapi coba bayangkan seandainya kita kekurangan air, sementara cairan memang sangat dibutuhkan untuk kerja berbagai organ tubuh. Tubuh kita memerlukan cairan, sekitar 60 persen dari bobot tubuh terdiri dari cairan. Cairan ini mengisi seluruh jaringan tubuh manusia termasuk darah, dan dibutuhkan untuk efisiensi kerja berbagai organ tubuh. Jadi minumlah banyak – banyak air. Dari berbagai jenis minuman yang paling baik adalah air putih. Air putih tidak mengandung bahan kimia, bersifat alami, dan tidak mengandung kalori sedikit pun.
Baik untuk metabolisme dan kerja ginjal
Memang jumlah minimal air putih yang harus dikonsumsi adalah 8 gelas sehari atau sekitar 1,5 liter sehari, tetapi menurut Dr. Inayah Budiasti, MS,Sp.GK. dari Hang Lekiu Medical Center, mengonsumsi lebih dari 8 gelas sehari pun malah lebih baik. Asupan air yang cukup akan membuat metabolisme tubuh lancar. Proses penguapan melalui keringat dan pengeluaran racun melalui air seni atau kotoran dapat berlangsung juga dengan lancar. Sedangkan mengonsumsi air kurang dari jumlah itu selain menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan, akibat fatal lainnya, menurut Dr. Inayah adalah tubuh akan mengisap air dari komponen tubuh kita yang lain. Komponen yang paling banyak memiliki kadar air adalah darah dan otak. Itu sebabnya, kalau kita kekurangan air bagian kepala pasti terasa pusing, karena cairan dalam otak berkurang. Begitu pula darah menjadi kental. Saat melewati ginjal, ginjal harus bekerja keras untuk menyaring darah yang kental tersebut. Nah, ini bisa terjadi perobekan pada glomerulus ginjal. Itulah yang kerap membuat air seni berwarna kemerahan pada orang yang malas minum. Dampak jangka panjangnya adalah ginjal akan mengalami gangguan dalam fungsinya untuk menyaring darah.
Baik untuk kulit dan diet yang efektif
Selain mempermudah proses metabolisme tubuh, masih banyak manfaat yang didapat dari mengonsumsi air putih, diantaranya adalah untuk kesehatan kulit dan diet yang efektif. Bagi yang ingin mendapatkan kesehatan dan kesegaran kulit, tidak perlu repot minum berbagai vitamin untuk kulit atau menggunakan krim untuk mengenyalkannya. Cukup minum air putih sesuai anjuran yaitu : minimal 8 gelas sehari karena setiap sel dalam kulit membutuhkan air. Bila kandungan air cukup, maka kulit akan sehat dan segar. Sebaliknya, kekurangan kandungan air akan menyebabkan kulit menjadi kusam, lelah bahkan berkerut. Air putih, menurut Dr. Inayah, juga dapat menjadi alat diet yang efektif dan murah. Seperti diketahui, dalam berdiet seseorang dituntut untuk mengurangi asupan kalori yang dikonsumsinya. Ini tentu sangat susah bagi orang yang terbiasa makan dalam porsi besar. Untuk menyiasatinya, minum 1,5 – 2 gelas air putih sebelum makan pagi, siang atau malam. Pasti porsi makanan akan berkurang, karena air bersifat mengenyangkan.
Jadi biasakan minum air putih minimal 8 gelas sehari yukk, agak badan menjadi sehat dan segar juga baik untuk kesehatan kulit kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: