13 Desember Bumi Dijuhani Meteor Geminid


Bulan ini Bumi akan kembali mengalami hujan meteor selama lebih dari sepekan. Peristiwa fenomenal yang dapat mengundang decak kagum ini akan berlangsung mulai Senin, 13 Desember malam.
Seperti dikutip dari laman Space.com, Sabtu (4/12/2010), seperti umumnya hujan metor, meteor geminid yang menghujani Bumi akan memberikan pemandangan yang menakjubkan setelah tengah malam atau Selasa, 14 Desember dinihari, karena saat itu rotasi Bumi menuju langsung ke dalam aliran meteoroid. Namun demikian, beberapageminid sudah akan terlihat lebih awal pada 13 Desember malam, karena meteor yang nampak cemerlang itu hampir melingkari Bumi, sehingga akan tetap kelihatan di langit hingga sepanjang malam.
Apa yang menyebabkan hujan meteor?
Kebanyakan hujan meteor disebabkan oleh serpihan komet tua yang tersebar di sepanjang orbit komet. Ketika Bumi melewati orbit sebuah komet, orbit tersebut menyapu serpihan-serpihan tersebut sehingga berpentalan kemana-mana dan di antaranya ada yang jatuh ke arah Bumi.
Saat jatuh, serpihan-serpihan yang meluncur dengan kecepatan sangat tinggi itu bergesekan dengan atmosfer, sehingga karena panas, serpihan itu menyala dan nampak seperti garis-garis terang yang meluncur dengan cepat dari langit ke Bumi. Gesekan ini umumnya membuat serpihan-sepihan itu hancur sebelum mencapai tanah.
Hujan Geminid merupakan peristiwa yang unik jika dikaitkan tidak dengan komet, melainkan dengan sebuah asteroid tipe Phaethon 3200. Asteroid ini sangat aneh. Orbitnya membawanya lebih dekat ke Matahari dibanding asteroid lain, termasuk asteroid dalam orbit Merkurius. Orbit itu lebih menyerupai orbit sebuah komet dibanding asteroid, namun tidak pernah memperlihatkan ciri khas sebuah komet, seperti tidak ada jet gas dan ekor debu.
Seperni namanya, geminid merupakan meteor yang berasal dari konstelasi Gemini yang terletak di sebelah utara dari utara dua bintang Gemini yang bersinar cemerlang, Castor. Pada Desember 13 malam, geminid bersinar cerah pada posisi rendah di timur laut. Memasuki 14 Desember, geminid tepat di atas kepal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: